Latest News

Jumat, Januari 25, 2013

Remote Komputer menggunakan RADMIN

Adakalanya bagi seorang teknisi komputer seperti saya, adalah hal yang lumrah untuk mengecek semua keadaan komputer yang ada di tempat kerja saya agar kondisinya tetap terjaga dengan baik, tapi adalah hal yang sangat melelahkan jika harus mondar-mandir pindah dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya.

dari situlah saya mempunya inisiatif bagaimana kalo saya hanya duduk diam di ruangan saya tapi  dapat dengan mudah  mengetahui dan mengontrol semua keadaan komputer yang berada di kantor saya  tanpa harus pindah-pindah ruangan. kemudian saya seraching di google dan akhirnya menemukan sebuah software yang luar biasa fungsinya, yaitu dapat meremote komputer yang terhubung di jaringan LAN, software ini bernama RADMIN.

Radmin sendiri terdiri dari 2 installer

1.  Radmin Server
2.  Radim Viewer

Radmin server di gunakan untuk server  komputer yang akan kita remote, maksudnya apabila kita ingin meremote komputer A, maka komputer A harus di instal radmin server, guna mengendalikannya.

Radmin Viewer di gunakan untuk melihat atau mengontrol komputer yang telah kita instal radmin server,


Lalu Bagaimana Cara penggunaanya??

1. pertama-tama download Software radmin di sini
2. Buka hasil download'an tadi disana  ada 2 installer yang pertama radmin server dan kedua radmin viewer,
untuk komputer yang mau di remote silakan anda install radmin server, cara installnya seperti biasa, seperti kalau anda menginstal aplikasi pada umumnya.
3. Setelah selesai melakukan instalasi pada radmin server, langkah selanjutnya adalah melakukan settingan pada radmin server, caranya klik menu permissions yang ada di bagian kanan, kemudian setelah di klik akan muncul kotak dialog, di sana anda klik lagi menu permission sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.











setelah muncul tampilan seperti di atas, langkah selanjutnya adalah klik tombol ADD USER, setelah di klik akan muncul tampilan dialog box yang isinya anda di minta memasukkan username dan password anda.
kalau sudah selesai input username dan password, klik ok. lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini


setelah muncul seperti tampilan di atas langkah selanjutnya centang pada ALL Acces, maksudnya agar kita memiliki hak penuh untuk meremote komputer. tampilannya seperti di bawah ini











kemudian klik OK dan restart. selesai sudah menginstal radmin server dan settingannya.

4. Sekarang kita tinggal menginstal Radmin Viewer di komputer atau laptop kita, guna mengkontrol komputer yang telah kita install Radmin Server tadi, cara instalasinya sama seperti menginstall aplikasi biasa.

5. Jika sudah selesai melakukan instalasi Radmin Viewer, sekarang anda buka radmin viewer anda, namun sebelumnya anda harus tau alamat IP komputer yang di install radmin server tadi.

6. Setelah mengetahu alamat IP Tujuan, langkah selanjutnya klik CONNECTION  -> CONNECTION TO
lalu akan muncul dialog box masukkan IP Addres tujuan pada kolom IPADDRES OR DNS NAME
setelah di isi klik OK,
lihat contoh seperti tampilan di bawah ini.











Jika berhasil akan muncul dialog box dimana anda diminta memasukkan username dan password yang telah di buat sewaktu anda melakukan settingan di Radmin Server tadi. lihat contoh di bawah ini












setelah login dan klik OK maka akan muncul tampilan dari komputer yang telah kita remote tadi










gambar di atas adalah hasil akhir dari remote yang dilakukan dengan   alamat IP 192.168.1.2

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat :)

2 komentar:

Recent Post