Latest News

Jumat, Januari 11, 2013

Menyimpan data menggunakan PHP dan MySQL

Tak ada salahnya berbagi ilmu pelajaran saya di sekolah hehe, di sini saya akan coba share bagaimana cara menyimpan data di database mysql menggunakan PHP. sebenarnya sangat mudah membuatnya tapi terkadang terasa sulit karena belum tahu caranya :)
oke langsung saja saya jelaskan caranya, di sini saya akan coba misalkan akan membuat sebuah form yang terdiri dari NAMA,ALAMAT, DAN TANGGAL LAHIR, tak usah terlalu banyak contohnya nanti malah pusing hehe..

Contoh form yang saya buat :)

















Sebelumnya kita buat databasenya dulu structurnya sperti gambar dibawah ini..










setelah databse di buat langkah selanjutnya ikuti yang saya jelaskan di bawah ini...


Script Form.html

langkah pertama adalah membuat form.html yang berisi Filed Nama,alamat,dan tanggal lahir, untuk lebih jelasnya saya tuliskan script di bawah ini, mungkin bagi kamu yang udah terbiasa pake dreamweaver akan lebih mudah membuat formnya karena sudah ada fasilitas design form disana.
yang perlu di ingat disini adalah di
pada action kamu ganti tujuan target file eksekusi akan di simpan, disini saya contohkan Simpandata.php



Setelah form berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat file atau script yang akan mengsekusi form.html yang telah kita buat tadi. tetapi sebelumnya kita buat dulu script koneksi ke database, bagi yang belum tahu caranya bisa buka tulisan sebelumnya mengenai Membuat Koneksi PHP dengan MYSQL.

Koneksi.php




Setelah kamu membuat script koneksi langkah selanjutnya adalah kamu membuat script yang akan mengeksekusi file form.html yaitu simpandata.php.

Simpandata.php






Selesailah sudah cara menyimpan data dengan PHP di mysql, gampang kan hehehe, 
saya perlihatkan hasilnya di databse, di sini saya contohkan dengan PHPMYADMIN biar gampan liatnya..





oh iya kalo ada kritik saran dan masukan silakan komen di bawah ini  :)














2 komentar:

  1. Notice: Use of undefined constant nama - assumed 'nama' in C:\xampp\htdocs\member\simpandata.php on line 8

    Notice: Use of undefined constant alamat - assumed 'alamat' in C:\xampp\htdocs\member\simpandata.php on line 9

    Notice: Use of undefined constant tanggal_lahir - assumed 'tanggal_lahir' in C:\xampp\htdocs\member\simpandata.php on line 10
    Gagal Menyimpan DataTable 'form.dat' doesn't exist

    punya aku error ketika di sutbmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Database sdh d buat blm gan??
      sudah mengikuti proses semuanya blm sampai tuntas??
      mngkin msh ada file yg blm dibuat

      Hapus

Recent Post